Wednesday, May 10, 2017

Konsep Teknologi Informasi B

LATIHAN SOAL
     1.      Apa yang dimaksud dengan Basis Data, DBMS, dan Query?
      a)      Basis Data
Pangkalan data atau basis data merupakan kumpulan informasi yang disimpan di dalam computer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program computer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil basis data disebut system manajemen basis data (DBMS). System basis data dipelajari dalam ilmu informasi.
      b)     DBMS (Database Management System)
DBMS merupakan system pengorganisasian data pada computer. DBMS adalah perangkat lunak yang memungkinkan untuk membangun basis data yang berbasis komputerisasi. DBMS adalah perantara user dengan basis data sehingga dengan adanya DBMS, user akan mudah mencari dan menambahkan informasi pada database.
      c)      Query
Query merupakan semacam kemampuan untuk menampilkan suatu data dari database dimana mengambil dari tabel-tabel yang ada di database, namun tabel tersebut tidak semua ditampilkan sesuai dengan yang kita inginkan. Data apa yang ingin kita tampilkan. Query adalah suatu extracting data dari suatu database dan menampilkannya untuk pengolahan lebih lanjut.

     2.      Dalam SQL yang dimaksud dengan Grant, Revoke, dan Drop?   
     a)      Grant
Grant merupakan perintah untuk memberikan hak izin akses bagi user di MySQL agar dapat mengakses database, tabel, dan kolom. Selain itu juga dapat menambahkan user baru dengan perintah Grant ini. Ada hal yang harus diperhatikan jika melakukan perubahan izin akses pada user MySQL yang masih aktif bekerja tidak langsung bisa menerapkan perubahan meski sudah melakukan flush privileges. Konfigurasi ini berlaku ketika user sudah menutup koneksi kemudian melakukan konekni kembali.   
      b)     Revoke
Revoke merupakan kebalikan dari perintah grant yaitu menghapus atau mencabut kembali izin akses user MySQL yang sebelumnya telah diberikan. Tingkat pilihan yang dapat digunakan juga sama dengan perintah grant sehingga semua izin akse dengan grant dapat dicabut kembali.
      c)      Drop
Drop adalah suatu fungsi untuk menghapus database. Satu hal yang perlu diperhatikan ialah, MySQL tidak akan memberi konfirmasi penghapus database jika anda menggunakan statement ini.

     3.      Sebutkan perintah-perintah DDL dan DML? Jelaskan!
     a)      DDL (Data Definition Language)
DDL merupakan sub bahasa SQL yang digunakan untuk membangun kerangka database. Atau juga merupakan kelompok perintah yang berfungsi untuk mendefinisikan atribut-atribut database, table, atribut kolom, Batasan-batasan terhadap suatu atribut serta hubungan antar table. Yang termasuk kelompok DDL, yaitu: CREATE, ALTER, dan DROP.
      b)     DML (Data Manipulation Language)
DML merupakan sub bahasa SQL yang digunakan untuk memanipulasi data dalam database yang telah terbuat. Perintah yang digunakan, yaitu INSERT, SELECT, UPDATE, dan DELETE.

     4. Apa yang dimaksud dengan Accept, Wait, Input, Replace, Locate, dan Append dalam DBase?
      a)      Accept
Accept memiliki arti menerima, namun maksud disini adalah menerima sesuatu yang berbentuk bukan fisik, seperti menerima pekerjaan, menerima hukuman, menerima salam hormat, dan lain sebagainya. Bentuk menolak dari accept adalah fefuse.
      b)     Wait
Perintah untuk menunggu item-item data ke dalam field atau variable dalam pemrograman DBase. Bentuk umumnya adalah WAIT [keterangan] TO < variable/field>.
      c)      Input
Perintah untuk memberikan atau memasukan item-item data ke dalam field atau variable dalam pemrograman DBase. Bentuk umumnya adalah INPUT [keterangan] TO <variable/field>.
      d)     Replace
Replace adalah merubah/update field dari secara otomatis, syarat dari file (DBF) harus dalam keadaan aktif. Bentuk umumnya adalah REPLACE[spoce]<nfield>WITH<isi field baru>[FOR<kondisi>].
      e)      Locate
Merupakan record dalam file yang memenuhi suatu kondisi. Bentuk umumnya adalah LOCATE [FOR kondisi].
      f)       Append
Append berfungsi untuk penambahan record, syarat dari file ke database (DBF) harus dalam keadaan aktif. Bentuk umumnya, yaitu APPEND [BLACK][FROM[D/D]<file dbf> [ For <kondisi]].

     5.      Sebutkan 5 kekurangan dalam DBMS!
     a)      Ukuran penyimpanan yang dibutuhkan oleh DBMS sangat besar dan memerlukan memori yang besar agar bisa bekerja secara efisiensi.
      b)      Rata-rata harga DBMS yang handal sangat mahal.
     c)      Terkadang DBMS meminta kebutuhan perangkat keras dengan spesifikasi tertentu sehingga diperlukan biaya tambahan.
     d)      Biaya konversi system lama ke system baru yang memakai DBMS terkadang sangat mahal melebihi biaya untuk membeli DBMS.
      e)      Kinerjanya terkadang kalah dengan system yang berbasis berkas

     6.      Ciri-ciri file tradisional?
      a)      Program bersifat oriented
      b)      Dapat digunakan dalam satu program aplikasi saja
      c)      Data dapat terangkap
      d)      Data terbaru hanya ada di volume data saja

     7.      Jelaskan komponen-komponen SQL (DDL, DML, DCL, dan DBA)!
      a)      DDL (Data Definition Language)
DDL merupakan komponen SQL yang digunakan untuk mendefinisikan objek database. Perintah-perintah DDL adalah Create, Alter, dan Drop.
      b)     DML (Data Manipulasi Language)
DML merupakan komponen SQL yang digunakan untuk memanipulasi nilai data pada suatu database. Perintah-perintah pada DML adalah Select, Insert, Update, dan Delete.
      c)      DCL (Data Control Language)
DCL merupakan komponen SQL yang digunakan untuk mengukur hak akses pengguna database. Perintah-perintah pada DCL adalah Grant dan Revoke.
      d)     DBA (Database Administrator
DBA adalah orang yang bertanggung jawab untuk desain, pelaksanaan, pemeliharaan, dan perbaikan database organisasi. Mereka juga dikenal dengan Database Programmer, dan terkait erat dengan Database Analyst, Database Modeler, Programmer Analyst, dan Systems Manager. Peran mencakup pengembangan dan desain database, pemantauan dan meningkatkan kinerja dan kapasitas database, dan perencanaan kebutuhan perluasan di masa depan. Mereka mungkin juga merencanakan, mengkoordinasi, dan melaksanakan langkah-langkah keamanan untuk menjaga database.

     8.      Urutan data dari yang terkecil? Jelaskan!
      a)      Bit
Bit adalah system biner yang terdiri atas dua macam nilai, yaitu 0 dan 1. System biner merupakan dasar yang dapat digunakan untuk komunkasi antara manusia dan mesin, yang merupakan serangkaian komponen elektronik dan hanya dapat membedakan 2 macam keadaan, yaitu ada tegangan dan tidak ada tegangan yang masuk ke rangkaian tersebut.
      b)     Byte
Byte merupakan sekumpulan bit yang secara konvensional terdiri atas kombinasi delapan bit yang menyatakan sebuah karakter dalam memori (1 byte = 1 karakter).
      c)      Field
Field merupakan unit terkecil yang disebut ata yang tidak dapat dipecah lagi menjadi unit lain yang bermakna.
      d)     Record
Record merupakan sekumpulan field atau atribut atau data item yang saling berhubungan terhadap obyek tertentu.
      e)      File
Berkas atau file merupakan sekumpulan rekaman data yang berkaitan dengan suatu objek.
      f)       Basis Data
Basis data merupakan sekumpulan dari bermacam-macam tipe record yang memiliki hubungan antar record.

9.      Jelaskan pengertian Field, Record, dan Database!

a)      Field
Field merupakan presentasi suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item data/field, seperti misalnya nama, alamat, dan lain sebagainya. Kumpulan dari field tersebut membentuk suatu record.
      b)      Record
Record merupakan kumpulan dari field membentuk suatu record. Record menggambarkan suatu unit data individu yang tertentu. Kumpulan dari record membentuk suatu file. Misalnya file personalia, tiap-tiap record dapat mewakili data tiap-tiap karyawan.
      c)     Database
Database merupakan kumpulan dari file atau tabel yang membentuk suatu database.

     10.  Fungsi yang digunakan untuk mengubah numerik menjadi karakter dalam DBMS?
Fungsi String merupakan suatu fungsi yang digunakan untuk mengubah numerik menjadi karakter dalam DBMS. Sintaknya, yaitu STR ([] [decimal]).

     11.  Sebutkan jenis-jenis data pada DBase 4!
      a)      Data Karakter (character)
Data ini berisikan data-data antara lain abjad, angka, dan karakter-karakter lain. Data karakter ini tidak dapat dioperasikan secara matematis panjang maksimum dari data karakter adalah 254 karakter.
      b)     Data Numerik (numeric)
Yaitu data yang berupa angka dari 0 s/d 9 dengan berbagai kombinasinya. Data numerik dapat dilakukan dengan operasi matematis.
      c)      Data Logika (logic)
Data ini hanya mempunyai dua kemungkinan yaitu Benar yang dipresentasikan dengan T dan salah yang dipresentasikan dengan F.
      d)     Data Tanggal (date)
Yaitu data yang menyatakan tanggal, data tanggal ini dituliskan dengan angka dan karakter slash (/). Pada Dbase tanggal ini dapat dipresentasikan dengan du acara: Amerika (mm/dd/yy) dan Eropa (dd/mm/yy).
      e)      Data Memo
Data memo yaitu data yang memuat tentang memo yang dapat menerima hingga 40000 karakter sama dengan data string.

     12.  Sebutkan jenis-jenis field pada DBase 4!
      a)      File Database (.DBF)
      b)      File Memo Database (.DBT)
      c)      File Format (.FMT)
      d)      File Report (.FRM)
      e)      File Label (.LBL)
      f )      File Memori (.MEM)
      g)      File Indeks (.NDX)
      h)      File Program (.PRG)
       i)       File Teks (.TXT)

No comments:

Post a Comment

Tugas Jurnal

Text Analytic Tools for Semantic Similarity (Alat Analisis Teks untuk Kesamaan Semantik) Kelompok 23: Firda Daffa Utami (52416855...