Tuesday, January 8, 2019

Tugas Animasi 3D Animasi

Kelompok :
Firda Daffa Utami (52416855)
Hedyana Pratiwi (53416254)
Tyas Kusmuliati (57416466)

Pada project kali ini, kami membuat sebuah video animasi 3D sederhana yang berdurasi kurang lebih 4 menit. Disini, kami menggunakan aplikasi blender 3D untuk melakukan modelling dan membuat animasinya. langkah-langkah pembuatan animasi tersebut adalah sebagai berikut:

1.      Buka aplikasi blender kemudian hapus objek kubus yang telah tersedia dengan menggunakan shortcut X.
2.      Kemudian tambahkan objek plane untuk membuat rumputnya dan kita beri material berwarna hijau agar terlihat seperti rumput.
3.      Setelah itu kita objek gajah dengan cara menambahkan objek cube (shift+A), lalu kita pindahkan ke edit mode, dan kita extrude dengan shortcut ctrl+R untuk membuat potongan-potongannya dan kita extrude sedemikian rupa sehingga bentuknya menyerupai hewan gajah. setelah itu kita beri material juga berwarna abu-abu pada objek. Dan jadilah objek gajah.
4.     Selanjutnya, kita buat juga objek lain seperti pohon, gunung, dll, dengan cara yang sama seperti membuat objek gajah tersebut tetapi dengan bentuk yang berbeda-beda.
5.      Kemudian kita letakan objek-objek yang telah dibuat sesuai dengan skema yang ada.
6.   Selanjutnya kita membuat animasinya. yaitu dengan cara atur posisi kameranya dengan menggunakan shortcut N, lalu klik centang "camera to view" dan ketik shortcut 0 untuk mengatur posisi kameranya.
7.    Setelah itu, ketik shortcut I lalu pilih LocRotScale. dan kita atur frame per secondnya. Misalkan jika 1 detik adalah 24 frame, maka total dalam 1 menit adalah 1440 frame. Jadi, untuk menghasilkan video berurasi 2 menit, kita menggunakan kurang lebih 2931 frame.
8.      Kemudian kita merender hasil animasi tersebut dengan menggunakan shortcut F12.
9.    Setelah video hasil render tadi telah selesai, selanjutanya adalah membuat video opening dan creditnya menggunakan aplikasi movie maker.
10.  Dan terakhir upload video tersebut di youtube.

Untuk melihat hasil animasinya bisa klik: https://youtu.be/F283emtGww8

No comments:

Post a Comment

Tugas Jurnal

Text Analytic Tools for Semantic Similarity (Alat Analisis Teks untuk Kesamaan Semantik) Kelompok 23: Firda Daffa Utami (52416855...